CLUSTER STRATEGY


”Strategi Memaksimalkan Sales Promotion Tanpa Diketahui Pesaing”

(GRAMEDIA) Jika dana pas-pasan, bagaimana agar pemasar dapat berpromosi? Putar otak ! Ya, ini salah satu yang harus dilakukan, mengingat mahalnya biaya promosi. Misalnya iklan telivisi, untuk muncul selama 30 detik tarifnya adalah 7-8 juta/spot. Iklan di majalah Tempo bertarif sekitar 23,5 juta untuk satu halaman penuh berwarna, di harian Kompas bertarif 500 juta untuk satu halaman penuh berwarna. Tetapi tunggu dulu, untuk mengatasi hal ini ada solusi yang jitu. Yaitu sarana promosimurah meriah dan mengena dalam jangka pendek, yakni: 1) trade sales promotion 2) Consumer promotion 3) Sales force promotion. Namun sayangnya sales promotion memiliki kelemahan, sebab mudah sekali diduplikasi oleh pesaing.

Tetapi pemasar jangan kecewa dahulu, kondisi itu bisa disiasati dengan suatu strategi. Salah satunya adalah strategi Cluster yang terbukti sangat ampuh, terutama jika digunakan secara cepat dan tepat. Strategi Cluster sudah banyak berhasil membantu beberapa perusahaan dalam kegiatan antara lain perusahaan Multi nasional ”Uli” maupun lokal ”WS” dan ”SA”

Di dalam buku ini akan dibahas antara lain : prinsip strategi lorong tikus,Sun Tzu ahli strategi perang China klasik, berbagai bentuk sales promotion. Sales promotion berdasarkanstrategi Cluster, mekanisme strategi Cluster, aplikasi strategi Cluster melalui beberapa kasus, konsep pembuatan program komputer sales promotion,terakhir keunggulan serta kelemahan strategi Cluster.