MARKET INTELLEGENCE


Mengaplikasikan Spionase pada Pemasaran Masa Kini

(ELEXMEDIA) Menurut penelitian The New Century Group (NLG), di Asia selatan hanya ada seperempat organisasi yang menggunakan solusi market intellegence. Bahkan bagian ini dianggap belum saatnya digunakan karena selain membutuhkan biaya besar, juga tenaga yang mumpuni belum ada.

Tidaklah demikian, pelaku market intelligence sebenarnya bisa dari orang-orang kita sendiri seperti manager pemasaran, supervisor penjualan, salesman, SPG (Sales Promotion Girl), MD (Merchandiser), maupun pelanggan. Mereka bisa memperoleh berbagai informasi dari outlet. Sementara itu jika perusahaan membutuhkan berbagai informasi tentang produk pesaing misalnya,tersedia penyedia jasa seperti Ami (Asia Market Intellgence), CIC Consulting Group, MARS dan yang lainnya.

Seperti Unilever dan P&G, mereka mendapatkan informasi mengenai pesaing melalui tong sampah. Sebab untuk mengetahui “bagian dalam” pesaing sangat sulit jika tidak memanfaatkan semua sumber yang ada pada pesaing, termasuk limbah kertas di tong sampah.

Manfaat penting kegiatan market intellegence antara lain:menggali data volume penjualan pesaing, data customer pesaing, data perencanaan produk baru pesaing, data wilayah distribusi produk pesaing, data investor atau partner kerja sama pesaing, data spesifikasi produk, data supplier pesaing, mengetahui dengan cepat hadirnya produk pesaing, menghadang hadirnya produk pesaing, membuat keputusan cepat dalam berpromosi, membuat produk tandingan dengan cepat, mencegah adanya pemalsuan produk,mengantisipasi perusakan produk olehpesaing, merubah strategi pemasaran dan strategi distribusi, mempertahankan kelangsungan hidup produk market leader dan menciptakan produk baru.

Untuk menghindari market intelligence pesaing, sebaiknya perusahaan melakukan proteksi terhadap data perusahaan. Maka salesman harus memiliki pedoman ketat ketika menjual, mengelola kegiatan internet, membatasi pembicaraan lewat telepon, memfoto copi data terseleksi, menyediakan alat pelumat kertas,mengunci tong sampah, menyediakan daya listrik (UPS), menyediakan perangkat lunak anti virus dan mengubah kata sandi secara berkala.