TIME TABLE FOR MARKETING PLAN


Merealisasikan dan Memaksimalkan Marketing Plan melalui Tim Table

(ANDI OFFSET) Saat ini persaingan pemasaran produk dan jasa semakin ketat sehingga diperlukan konsep strategi marketing yang jitu dengan marketing plan. Tetapi dalam kenyataannya marketing plan yang dibuat dengan baik pun tidak membawa hasil bagi perusahaan. Hal ini disebabkan marketing plan yang dibuat tidak pernah dilaksanakan atau marketing plan yang dibuat harus disesuaikan dengan perubahan-perubahan internal dan external perusahaan. Perubahan internal perusahaan bisa karena keterlambatan divisi lain dalam melakukan aktivitasnya, misalnya dalam penyediaan dana, pencarian pemasok bahan baku, hak paten, riset pasar, analisis pesaing, survey harga, pencarian media promosi, biro iklan, pencarian distributor dan lain-lain. Sedangkan perubahan external perusahaan adalah hadirnya produk pesaing, masuknya produk baru ke distributor partner kerja principal, program promosi yang sama dilakukan oleh pesaing, program cut price yang dilakukan oleh pesaing, serta aktivitas pemasaran yang lain yang sifatnya mendahului.

Selain itu marketing plan tidak dibuat sistematis dan detail, serta tidak adanya alat yang dapat digunakan untuk mengontrol kapan aktivitas marketing diawali, diakhiri dan dievaluasi sehingga perubahan internal dan external dapat diminimalisasi. Apa solusi yang tepat agar marketing plan yang dibuat dapat diimplementasikan dengan maksimal? Salah satunya adalah pembuatan “time table” yang berisikan aktivitas-aktivitas sesuai marketing plan secara detail dari hari ke hari serta kapan aktivitas tersebut diawali, diakhiri dan dievaluasi.

Buku ini akan sangat membantu para pemasar karena di dalamnya berisi: bagaimana membuat time table marketing plan yang berisi detail rencana kerja, bagaimana menetapkan deadline, menjadikan time table sebagai alat koordinasi, manfaat dan penggunaan management waktu melalui time table, memunculkan kompetisi intern dari time table, evaluasi kinerja divisi marketing lewat time table, contoh time table dan lampiran work plan suatu perusahaan yang terimplementasi berkat time table.