Groedu International Consultant & trainer

Konsultan bisnis surabaya – Partner Business to Growth for Success, Call: 081-252-982900 (Wa), 081-8521172/groedu@gmail.com

Main Menu

Lanjut ke konten
  • Blog
  • Contact
  • Customer
  • Groedu Club
  • Jadwal Training
  • Layanan
    • Aplikasi Software
    • E-Learning
    • Jasa Konsultasi & Training
    • Layanan Buku
  • Lowongan
  • Software
    • Software Accounting
    • Software Distribusi
    • Software Manufacturing
    • Software Pay Roll & HRD
    • Software pay Roll & HRD -2
  • Profile

PELATIHAN KIAT SUKSES MENGELOLA PIUTANG CUSTOMER

Juli 22, 2012 · by groedu · in Marketing, Strategi Distribusi, Strategi Marketing. ·

Gambar

KUNCI SUKSES SEBUAH USAHA DIMULAI DARI CARA MENGELOLA PIUTANG DENGAN BENAR

Memberikan kredit pada customer seringkali menimbulkan dampak yang tidak di inginkan jika sales force tidak bisa mengelola piutang dagang customer tersebut dengan baik. Seringkali terjadi, karena tidak rutinnya sales force/collector untuk menagih, membuat customer kurang persiapan jika ditagih diluar jadwal. Selain itu pemberian produk yang diluar estimasi juga merupakan peluang terjadinya kredit macet pada konsumen. Selain itu kurangnya fokus dalam pengelolaan piutang dagang customer ini, juga bisa memicu kantor cabang merugi yang disebabkan kurang dilakukan audit piutang dagang di lapangan, skedule kerja collector yang kurang memadai dan kurangnya kontrol pihak atasan secara kesinambungan. Problem piutang dagang bad debt akan menjadi bom waktu jika tidak segera dikeola dengan baik, khususnya dalam pemantauannya. Pada pelatihan ini para peserta akan diberikan banyak pengetahuan bagaimana mengelola piutang dengan baik dan benar, melakukan berbagai pencegahan terhadap piutang bad debt, melakukan tindakan apabila terdapat piutang bermasalah, mengatur proporsi yang harus ditanggung jika terjadi piutang bad debt, serta hal lainnya dalam pengelolaan piutang yang akan menjadi bekal pimpinan cabang, sales supervisor maupun salesman/ collector itu sendiri agar terhindar dari kerugian akibat customer tidak membayar.

MATERI PELATIHAN

Peran piutang penjualan bagi perusahaan dan bagaimana memperlakukannya ( Kenapa AR (Piutang Customer) harus dikelola, Financial cyrcle, Alur sales dan alur kredit, status piutang penjualan, bagaimana memperlakukan piutang penjualan over due dan bad debt, mencatat transaksi penjualan, kesalahan pencatatan dan dampaknya)

Strategi mengelola piutang penjualan (Track record, matrix prilaku debitur, gunakan route plan tagihan, lakukan negosiasi, melihat isyarat kebohongan customer, gunakan managemen persediaan, gunakan strategi pola kerja, Strategi mengelola piutang penjualan melalui audit lapangan, langkah-langkah audit lapangan, problem yang terjadi setelah audit lapangan, kendala audit lapangan, manfaat audit lapangan)

Strategi mengelola piutang bermasalah dan mencegah piutang bad debt (Mengelola piutang penjualan bermasalah, penyebab piutang bermasalah, dampak piutang penjualan bermasalah, gejala awal piutang penjualan bermasalah, reaksi penerima kredit dan reaksi pemberi kredit, Langkah-langkah selamatkan piutang bermasalah, mencegah piutang bad debt)

Performance sales force, aturan main dan tanggung jawab Sales force (Performance sales force Vs piutang penjualan, Tujuan memasukan AR (Piutang Customer) dalam performance, Gunakan grafik AR (Piutang Customer), rapatkan pengelolaan piutang penjualan, aturan main dan tanggung jawab sales force, Prosedur pelaporan piutang penjualan hilang, Shock terapi piutang penjualan)

TUJUAN PELATIHAN

  1. Memberikan pengetahuan cukup baik pada pimpinan kantor  cabang, Sales supervisor (Calon pimpinan cabang) dan collector dalam mengelola piutang dagang customer.
  2. Memberikan pengetahuan cukup baik pada pimpinan kantor  cabang , Sales supervisor (Calon pimpinan cabang) dan collector arti pentingnya pengelolaan piutang penjualan terhadap keberlangsungan usaha di kantor cabang.
  3. Memberikan pemahaman mengenai managemen piutang dagang secara keseluruhan untuk pimpinan cabang, sales supervisor dan collector agar kantor cabang terus meningkat secara penjualan meskipun penjualan tetap dilakukan secara kredit.

METODE PELATIHAN

Ceramah Interaktif, pemutaran film, latihan/workshop & contoh kasus.

 

Iklan

Share this:

  • Tweet
  • Cetak
  • Berbagi di Tumblr

Menyukai ini:

Suka Memuat...

Terkait

Tag: account receivable, ENTREPRENEUR, Kegiatan, Keuangan usaha, Marketing, Mengelola keuangan usaha, Mengelola piutang dagang buat salesman, Mengelola piutang penjualan, Mengelola piutang usaha, Mengendalikan keuangan usaha, Piutang dagang, Salesmanship, Sukses mengelola bisnis intinya dapat kelola keuangan, Undang-undang 378 masalah penipuan konsumen, wanprestasi

Navigasi pos

← PELATIHAN SALES SUPERVISORY MANAGEMENT
PROSPEK BISNIS DISTRIBUTOR/DEALER/ AGEN DITAHUN 2012 SEMAKIN CERAH →

Search

Showroom Software

Cito Mall, Jl. A. Yani 288 (Bunderan waru), Lantai UG blok US 23, No 3 -5, Surabaya.
Telphon : 081-8521172, 081-252-982900 (wa)

JASA KONSULTASI

SALES & DISTRIBUSI
1. Penyusunan Sales Territory Management
2. Recruitment Sales Force Principal / Distributor
3. Penyediaan data & hunting Distributor untuk Principal
4. Penyusunan Remunerasi Tim Sales & Marketing
5. Penyusunan skema insentif untuk sales force
6. Aplikasi Software Distribusi (Penyediaan, training dan hak akses software distribusi)
7. Penyusunan SOP untuk Distributor
8. Manajemen Account Receivable (AR) & filing Dokumen
9. Penyusunan Marketing Plan Principal (produsen penghasil produk)
10. Pembuatan dokumen format kerja Sales & Marketing
11. Training Sales & Distribusi ( AR Management, Sales Territory management, Trade Marketing, Distributorship Management, etc)
12. Supply Chain Management

HUMAN RECOURCES MANAGEMENT (HRM)
1. Talent Recruitment SDM ( Pencarian dan seleksi karyawan)
2. Penyusunan Job Analisis SDM ( Job description – uraian jabatan, Job Spesification – spesifikasi jabatan, job evaluation – Evaluasi jabatan)
3. Re-desain Struktur Organisasi
4. Pembuatan Performance Appraisal dan Performance Management – Manajemen Kinerja – penilaian kinerja karyawan
5. Penyusunan SOP/ Struktur kinerja HR
6. Penyusunan system/ Struktur Remunerasi/ penggajian karyawan
7. Perencanaan kebutuhan karyawan
8. Penyusunan KPI ( Key Performance Indicator)
9. Pembuatan Peraturan Perusahaan

ACCOUNTING MANAGEMENT
1. Aplikasi software accounting
2. Hak akses Fitur Software accounting
3. Internal Audit & Fraud detection
4. Analisis Laporan Keuangan
5. Training Software accounting
6. Penyusunan Budgeting per Departemen

BUSINESS STRATEGY
1. Penyusunan Bisnis Plan/ Rencana Bisnis
2. Feasible Study (FS) / Studi Kelayakan Bisnis
3. Riset Pasar
4. Marketing Strategy
5. Corporate Plan Strategy

START UP BUSINESS
1. Start Up Ritel Modern ( Minimarket, Supermarket : Bahan bangunan, perlengkapan rumah tangga, FMCG, etc)
2. Start Up Distributor Company
3. Start Up Manufacturing Company

SISTEM MANAJEMEN ISO
1. ISO 9001 : 2008 ( Sistem Manajemen mutu)
2. ISO 17025 ( Sistem manajemen mutu laboratorium)
3. Etc.

Statistik Pengunjung

  • 205.723 hit

Arsip

Kontak

Groedu International Consultant
Perum. Graha Gunung Anyar Kav 35, Gunung Anyar, Surabaya
Telphon : 081-252-982900 (Wa)/ 0818521172

GALERY EVENT

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

ARTIKEL TERBARU

  • MANAJEMEN LOGISTIK
  • Selamat tahun baru 2019, sukses selalu di hadapan anda
  • HAL-HAL YANG BISA MENYEBABKAN DISTRIBUTOR TERANCAM BANGKRUT DAN BAGAIMANA SOLUSI UNTUK MENGATASINYA
  • BEBERAPA JOB DESK, WEWENANG DAN TANGGUNGJAWAB DARI SEORANG MANAJER (BRANCH MANAGER) DALAM MENGELOLA KANTOR CABANG
  • APA YANG HARUS DILAKUKAN KETIKA PERUSAHAAN BERTUMBUH?

ARTIKEL FAVORIT

  • MANAJEMEN LOGISTIK
    MANAJEMEN LOGISTIK
  • CARA EFEKTIF MEMBANGUN DISTRIBUSI PRODUK
    CARA EFEKTIF MEMBANGUN DISTRIBUSI PRODUK
  • STRATEGI DISTRIBUSI PRODUK BARU
    STRATEGI DISTRIBUSI PRODUK BARU
  • Pelatihan Trade Marketing Program
    Pelatihan Trade Marketing Program
  • GRAND OPPENING 130 KELOMPOK PROJECT BISNIS BARU MAHASISWA UNIVERSITAS CIPUTRA
    GRAND OPPENING 130 KELOMPOK PROJECT BISNIS BARU MAHASISWA UNIVERSITAS CIPUTRA
  • CREATE SALES TERRITORY FOR MAXIMUM SALES
    CREATE SALES TERRITORY FOR MAXIMUM SALES
  • Sang Presenter ala Penjual Obat
    Sang Presenter ala Penjual Obat
  • HOW TO BUILD SALES FORCE TEAM
    HOW TO BUILD SALES FORCE TEAM
  • STRATEGY DISTRIBUTOR BERTAHAN DI TENGAH EKONOMI NASIONAL YANG TIDAK MENENTU
    STRATEGY DISTRIBUTOR BERTAHAN DI TENGAH EKONOMI NASIONAL YANG TIDAK MENENTU
  • Selamat tahun baru 2019, sukses selalu di hadapan anda
    Selamat tahun baru 2019, sukses selalu di hadapan anda

Kategori

Bisnis Human Recources Management (HRM) Iklan & Promosi IT ( Software) Manajemen Marketing Salesmanship Serba-serbi Software Strategi Distribusi Strategi Marketing

GALERY

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

TULISAN TERKINI

  • MANAJEMEN LOGISTIK

LAYANAN JASA GROEDU

Training & Consulting
Aplikasi Software accounting
Aplikasi Software Distribusi
Aplikasi software Manufacturing
Aplikasi software Pay roll & HRD
Aplikasi software sms blast

KONTAK

Perum. Graha Gunung Anyar Kav 35, Gunung anyar, Surabaya.
Cito Mall, Jl. A. Yani , Lantai UG, Blok US 23, N0. 3 & 5, Surabaya.
081-252982900/ 08185-21172
Call Me
Frans M. Royan, SE,MM
Buat situs web atau blog di WordPress.com
Privasi & Cookie: Situs ini menggunakan cookie. Dengan melanjutkan menggunakan situs web ini, Anda setuju dengan penggunaan mereka.
Untuk mengetahui lebih lanjut, termasuk cara mengontrol cookie, lihat di sini: Kebijakan Cookie
  • Ikuti Mengikuti
    • Groedu International Consultant & trainer
    • Bergabunglah dengan 26 pengikut lainnya
    • Sudah punya akun WordPress.com? Login sekarang.
    • Groedu International Consultant & trainer
    • Sesuaikan
    • Ikuti Mengikuti
    • Daftar
    • Masuk
    • Salin shortlink
    • Laporkan isi ini
    • View post in Reader
    • Kelola langganan
    • Ciutkan bilah ini
 

Memuat Komentar...
 

Anda harus log masuk untuk menerbitkan komentar.

    %d blogger menyukai ini: