TIPS AGAR CUSTOMER TERUS KEMBALI


TIPS AGAR CUSTOMER TERUS KEMBALI

TIPS AGAR CUSTOMER TERUS KEMBALI

Wiraniaga dengan prestasi tinggi mengukur keberhasilannya tidak hanya melalui kuantitas penjualan yang dibuat, tapi juga dari kualitasnya. Sudah pasti mereka menjaga agar customer kembali dan terus kembali. Daftar berikut yang berisi tip dan ide praktis yang tidak diambil dari buku teks atau praktik teoritis. Informasi ini–yang telah Anda baca sebelumnya di bagian ini, tapi tetap bagus untuk diulang–telah diterapkan oleh ratusan pencapai kelas tinggi dan bisnis-bisnis sukses di seluruh AS.

v Sikap dan antusiasme. Kedua prinsip ini telah menjadi dasar bagi kebanyakan penjualan yang sukses dibandingkan faktor lain. Antusiasme berasal dari kata Yunani entheos, yang berarti “dewa di dalam diri”. Tidakkah itu penggambaran yang sangat bagus? coba ingat -ingat saat dimana Anda merasa sangat antusias tentang sesuatu. Tidakkah rasanya luar biasa menyenangkan? Terasa sangat terberdayakan? Penuh semangat? Sekan-akan “dewa di dalam diri” sedang memberi Anda dorongan? Antusiasme sering dapat membawa kita jauh melampaui keterampilan atau bakat apa pun yang tidak kita miliki. Dalam banyak kejadian, kita bisa mengatasi kekurangan kita dengan menyalakan mesin antusiasme. Sikap sering menentukan keberhasilan kita dalam hidup. Memiliki sikap positif terhadap situasi tertentu lebih menentukan hasil dibandingkan faktor lainnya yang terkait dengan keberhasilan. Dengan sikap yang bagus kita biasanya bisa mengendalikan 95% dari apa yang terjadi pada diri kita (5% lainnya yang tidak bisa dikendalikan berasal dari sumber luar). Ingatlah, kebanyakan orang akan bereaksi pada Anda persis sama dengan cara Anda mendekati mereka. Misalnya, kalau Anda sangat antusias dan bersemangat ketika bertemu seseorang, Anda biasanya mendapatkan respons yang serupa. Ini disebut mirroring atau pencerminan. Dunia di sekitar kita adalah pantulan dari sikap kita terhadap lingkungan.

v Diferensiasi. Apa yang membuat Anda unik sebagai wiraniaga? Apa yang membuat customer terus-menerus kembali pada Anda atau menyarankan orang lain untuk datang pada Anda? Ketika seseorang membeli dari Anda, ia pasti merasa seakan ia menerima nilai yang luar biasa besar atas apa yang dibelinya; ia juga pasti mengingat sesuatu yang unik dari Anda karena Anda membedakan diri Anda dari pesaing. Seorang profesional ternama memotret setiap customernya. Ia mengirimkan foto itu pada customernya dengan catatan yang berkata, “Kami memerhatikan Anda! Terima kasih atas bisnisnya.” Ini adalah sentuhan kecil yang membuat wiraniaga ini benar-benar beda.

v Kenali bisnis customer sebagaimana Anda mengenali bisnis sendiri. Lontarkan pertanyaan sebanyak mungkin tentang perusahan customer. Pelajari industri yang digelutinya. Cari tahu siapa customernya. Ketika Anda peduli bisnis customer, ia tahu bahwa Anda tidak semata-mata mendorongnya untuk membeli produk Anda. Ia akan menghargai pendapat Anda sebagaimana juga produk atau layanan Anda.

v Tindak lanjut dan umpan balik. Salah satu area terpenting dalam bisnis zaman sekarang bukanlah penjualan pertama, tapi bisnis berulang yang konsisten yang kita dapat setelah penjualan itu. Anda bisa menindaklanjuti setelah penjualan dengan menelepon, datang, atau melalui surat. Buatlah mereka tahu bahwa Anda menghargai penjualan tersebut dan selalu siap untuk pertanyaan dan masalah. Anda tidak hanya membantu customer Anda, tapi Anda mencoba membuat mereka menyarankan Anda pada orang lain.

v Rujukan yang efektif. Orang yang puas dengan produk atau jasa Anda akan menjadi customer yang sangat setia. Mereka adalah metode iklan terbaik yang bisa Anda dapatkan. Berilah mereka insentif untuk merujuk Anda pada orang lain. Mengapa tidak memberikan diskon atau hadiah-hadiah untuk setiap rujukan? Gunakan semua kontak dengan customer untuk bertanya, “Apakah Anda tahu orang lain yang mungkin bisa mendapatkan manfaat dari apa yang bisa saya tawarkan?”

Sumber      : Strategi SuperSales,  Barry Farber