CARA MENGHITUNG GAJI KARYAWAN DISTRIBUTOR & PABRIK DENGAN CEPAT DAN PRAKTIS


Biasanya kalau perusahaan masih sedikit karyawannya, masalah pembuatan gaji  tidak pernah jadi masalah. Tetapi kalau karyawan sudah lebih dari 100 orang, tentu saja membuat bagian HRD akan kesulitan menghitung gaji karyawan.  Remunerasi yang terdiri dari gaji pokok, uang makan, uang lembur, dan lain-lain tidak bisa dihitung dengan waktu yang singkat apabila tidak menggunakan bantuan perangkat yang cukup memadai.  Dan seperti yang diketahui, selisih gaji yang diterima oleh karyawan adalah masalah yang sangat sensitif. Apabila tidak teliti, akan muncul resiko seperti prasangka buruk yang bisa menyebar kemana-mana beritanya. Bagaimana menghitung gaji karyawan dengan cepat dan praktis? Ada beberapa langkah-langkah yang sangat dianjurkan agar dalam menghitung gaji bisa dilakukan secara praktis.

  1. Siapkan data absensi setiap minggu, karena dengan menyiapkan data absensi setiap minggu, kegiatan menghitung uang makan, lembur dan lain-lain yang berkaitan dengan harian bisa dihitung selangkah demi selangkah.
  2. Siapkan data yang berkaitan dengan tarif lembur jika karyawan di perusahaan memiliki banyak jadwal lembur. Apabila ini sudah disiapkan tentu saja perhitungan lembur bisa dilakukan dengan bantuan data itu.
  3. Siapkan tabel gaji pokok para karyawan, kalau kebetulan ada historinya maka gaji pokok karyawan dapat dihitung dengan baik.
  4. Siapkan data potongan yang harus ditarik dari karyawan misalnya masalah pph21, asuransi, BPJS dan lain-lain yang dibayar karyawan dengan memotong gajinya.
  5. Siapkan data lain-lainnya yang dibutuhkan ketika harus membuat dan membayar gaji masing-masing karyawan termasuk masing-masing rekening yang dimiliki oleh karyawan.

Poin-poin tersebut adalah langkah-langkah yang dilakukan secara manual  dan secara rutin oleh HRD atau pembuat gaji bagi karyawan perusahaan. Tetapi bila dengan cara di atas terasa kurang cepat, dan membutuhkan waktu yang lama. Maka perangkat lunak penghitung gaji bisa dimanfaatkan. Ada beberapa jenis software Pay Roll & HRD yang cukup handal yang bisa digunakan untuk menghitung gaji secara cepat, bahkan untuk karyawan yang jumlahnya ribuan. Software ini sangat membantu sekali mulai dari data base karyawan, gaji yang diterimanya, uang kesehatan, hitungan cuti yang diambil, prestasi yang diraih dalam bentuk PA (Performance Appraisal) atau KPI bisa dilaporkan dari software ini. Kemudian total gaji masing-masing karyawan dapat dibuat secara sistematis dan terlaporkan dengan baik sampai dengan pihak bank membayar semua gaji karyawan tersebut. Menggunakan software memang akan lebih praktis dibanding dengan langkah-langkah sebelumnya. Untuk mengetahui software Pay Roll dan HRD yang handal silahkan klik : http://www.softwareaccountingsurabaya.com dari sini pembaca akan mendapatkan informasi lengkap mengenai software pay roll & HRD tersebut. Semoga Artikel ini bermanfaat bagi pembaca. (Frans M. Royan)