CARA EFEKTIF MEMILIH SOFTWARE SOLUSI BISNIS


Software solusi bisnis yang biasanya dipakai paling utama adalah software accounting, lalu berikutnya adalah software Pay Roll & HRD dan kemudian software sms. Atau software manufacturing, dan software distribusi. Atau lengkap software accounting, software pay roll dan HRD dan plus software komunikasi.  Tergantung kebutuhan perusahaan pakai yang mana. Nah, untuk mendapatkan berbagai software yang dibutuhkan ada dua metode, kita pesan sesuai proses bisnis di perusahaan atau beli jadi dimana software itu tanpa mengikuti detail dari proses bisnis di perusahaan.

Untuk penggunaan software yang harus dipesan memiliki keunggulan, semua proses bisnis bisa te-record dengan baik. Serta cukup oke dengan kemampuan kinerja software dan perusahaan. Namun ada beberapa kelemahan untuk software yang dibuat tailor, seperti jahitkan baju itu. Kelemahannya antara lain :

  1. Proses pembuatannya sangat lama, sehingga apabila perusahaan sangat membutuhkan software dengan cepat, maka perusahaan harus menunggu selesai.
  2. Kelemahan berikutnya software yang dibuat tailor apabila konsepnya tidak matang, maka terjadi pembuatan yang berkepanjangan. Setelah dibuat untuk tahap pertama selesai, ketika ada tambahan maka software akan diperbaiki kembali menyesuaikan dengan permintaan terakhir. Jadi untuk mendapatkan software yang sesuai dan maksimal dibutuhkan konsep yang detail, tetapi pembuatan konsep yang detail ini tentunya tidak mudah, apalagi tidak ada yang membantu untuk identifikasi proses bisnis yang ada di perusahaan.
  3. Seringkali karena terlalu rumit, maka programer pembuatnya sering kewalahan untuk menanganinya, dan hal yang tragis programer meninggalkan klien yang sangat membutuhkan kehadirannya akan software yang dibuatnya. Kasus seperti ini sudah banyak terjadi dan berulangkali.

Sedangkan untuk software yang dibeli dalam keadaan sudah jadi, memang memiliki kelemahan yang mungkin tidak bisa menyesuaikan secara detail proses bisnis yang ada di perusahaan. Tetapi software seperti ini memiliki keunggulan antara lain :

  1. Software sudah teruji karena telah mengalami proses panjang dalam pembuatannya. Oleh sebab itu carilah software jadi yang telah memiliki usia penggunaan, software seperti ini tentunya sudah sangat teruji. Oleh sebab itu sebelum membeli carilah refrensi perusahaan mana saja yang sudah menggunakan software dengan merek tersebut.
  2. Software jadi yang telah teruji umumnya memiliki programer cukup handal, dan orang-orang yang memaintenace dengan baik. Sebab bisnis software house-nya tentunya telah berkesinambungan. Sehingga dapat mengurangi kasus yang terjadi seperti pembuatan software pada programer di atas.
  3. Software “jadi” umumnya memiliki kecenderungan layanannya. Misalnya yang khusus trading, distribusi atau retail dan lainnya. Dengan ciri fitur-fitur software sudah disesuaikan dengan proses bisnis dengan karakteristik bisnis tersebut.
  4. Oleh karena sudah banyak di-implant diberbagai bidang bisnis maka programer atau aplikator dapat memiliki pengalaman menangani kasus-kasus serupa, yang bisa diterapkan di bisnis lainnya jika ditemukan kasus serupa.

Nah, bagaimana cara efektif memilih software solusi bisnis? Tentunya dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan setiap software kita bisa membandingkan. Lalu membuat keputusan dalam memilihnya. Serta disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan masing-masing. Semoga artikel ini membantu, apabila belum pas atau  menginginkan info lebih lanjut dapat sms ke 0818521172 atau email ke groedu@gmail.com.