CARA EFEKTIF MENYUSUN SOP : DISTRIBUTOR, MANUFACTURING, KANTOR CABANG, TRADING, KULINER


Menyusun SOP memang tidak mudah bagi yang belum pernah lakukan, tetapi kalau sudah pernah lakukan menyusun SOP sangat gampang sekali, tidak perduli industrinya mulai Distributor, manufacturing, kantor cabang, trading, kulineri serta semua bisnis apapun bisa dibuatkan SOP-nya. Oleh sebab itu dalam pembuatan SOP yang perlu diperhatikan minimal, siapa yang membuat SOP, Karyawan atau seorang konsultan yang membantunya?

Kalau karyawan dalam pembuatan SOP bisa dilakukan dengan cara membentuk tim ketua penyusunan SOP, kalau tidak ada tim penyusunan SOP maka pembuatan SOP ini tidak akan berjalan. Pembentukan Tim SOP ini akan berbiaya lebih murah dibanding dengan menyerahkan seluruhnya kepada konsultan. Pembuatan SOP tidaklah gampang untuk awal pertama kali, karena proses bisnis satu perusahaan satu dengan yang lain pastilah berbeda, oleh sebab itu perlu ketajaman pada saat proses identifikasi. Pembuatan SOP yang melibatkan karyawan tentu saja sangat cepat karena yang mengetahui proses bisnis adalah karyawan.

Apabila SOP yang dibuat oleh karyawan maka yang perlu menjadi urutan langkahnya adalah perhatikan : struktur organisasi, lalu job description setiap karyawan, flow proses bisnis, formulir-formulir yang akan digunakan. Apabila hal ini sudah ditemukan maka karyawan dapat dengan mudah membuatnya.

Bentuk SOP bisa beragam, bisa bentuknya narasi atau bentuknya flow chart diberikan keterangan. Atau bentuknya gambar-gambar, atau bentuknya video. SOP yang dibuat sesuai bentuknya tentunya mencocokan siapa penggunanya. Untuk level manajemen narasi akan sesuai, untuk bagian yang berkaitan dengan teknik, bentuknya flow chart juga bagus. Tetapi untuk kaum pelaksana harian yang kurang pendidikan  bentuk gambar atau video sangat menolong. Jadi SOP bentuknya tidak harus sama bisa dibedakan meskipun dibuat untuk satu perusahaan.

Apabila dengan informasi diatas belum cukup bagi perusahaan untuk membuat SOP sendiri maka dapat menghubungi konsultan yang akan membantunya. Konsultan bisa bekerja dengan 2 metode, dengan training pembuatan SOP atau konsultan yang membuatkan. Semoga artikel ini bermanfaat, silahkan hubungi 0818521172 atau email ke groedu@gmail.com jika membutuhkan pertolongan dalam pembuatan SOP perusahaan.