MANAJEMEN LOGISTIK



Pengertian Manajemen Logistik
Pada kesempatan ini GroEdu International Consultant untuk kota Surabaya, Bandung, Jakarta, Jogjakarta, Semarang, Palembang, Medan, Denpasar, Makassar, Balikpapan, Samarinda, Banjarmasin, dan kota lainnya membahas mengenai artikel terkait manajemen logistik.
Manajemen Logistik adalah suatu penerapan prinsip-prinsip manajemen dalam kegiatan Logistik dengan tujuan agar pergerakan personil dan barang dapat dilakukan secara efektif dan efisien
Manajemen logistik merupakan bagian dari proses supply chain management. Manajemen logistik mempunyai fungsi penting dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian efektivitas, efiensi peyimpanan da aliran barang, pelayanan dan informasi. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa managemen Logistik adalah semua kegiatan yang berkaitan dengan cara pengelolaan logistik
Fungsi Manajemen Logistik
Managemen logistik dalam pelaksanaanya memiliki beberapa fungsi yang sangat penting dan berkaitan satu dengan yang lainnya, berikut adalah fungsi nya:

  1. Fungsi perencanaan dan pemenuhan kebutuhan
    Fungsi ini mencakup seluruh kegiatan analisis terkait produk yang akan dijual, ketersedian barang baku dan skala prioritas.
  2. Fungsi penganggaran
    Fungsi ini berkaitan dengan budget yang dimiliki suatu perusahaan, fungsi ini bertujuan untuk memastikan bahwa keperluan pengadaan barang sesuai dengan budget yang dimiliki tersebut.
  3. Fungsi pengadaan
    Fungsi ini lebih fokus pada pengadaan barang dan merupakan hal yang wajib. Ketika terjadi ketidakcocokan anggaran dengan budget maka akan sulit untuk mengubah perencanaan. Maka dai itu manajer logistik harus melakukan imprvisasi dengan anggaran terbatas.
  4. Fungsi penyimpanan dan penyaluran
    Ini adalah proses dimana barang yang telah diambil disimpan di tempat yang semestinya, dan akan disalurkan kepada pihak lain yang berkepentingan.
  5. Fungsi pemeliharaan
    Fungsi ini berguna untuk pemeliharaan barang, secara logika tujuan ini adalah untuk memastikan barang tersebut tidak akan cepat rusak.
  6. Fungsi penghapusan
    Fungsi ini berguna apabila ada barang yang rusak, yaitu dengan memisahkannya, memperbaikinya, dan mengganti barang yang rusak tersebut dengan yang baru tapi sama.
  7. Fungsi pengendalian
    Fungsi ini dilakukan oleh seorang manajer logistik, dengan tujuan untuk memastikan setiap fungsi manajemen logistik berjalan dengan semestinya.
    Tujuan manajemen logistik
    Tujuan ini berkaitan dengan beberapa fungsi yang telah disebutkan di atas, pada umumnya tujuan kegiatan ini adalah fokus pada pencapaian tujuan organisasi atau perusahaan secara efektif dan efisien
    Manfaat manajemen logistik
    Menerapkan kegiatan manajemen logistik yang baik akan menghasilkan manfaat yang sangat besar bagi suatu perusahaan. Berikut adalah manfaat manajemen logistik.
  8. Persediaan dapat dijamin
  9. Perusahaan dapat mengetahui fasilitas yang dibutuhkan
  10. Kegiatan operasional perusahaan dapat berjalan lancer
  11. Memberikan layanan yang baik
  12. Berpeluang kerja sama dengan supplier yang memiliki kualitas barang terbaik
    Mungkin sekian saja untuk artikel kali ini, semoga anda sudah paham tentang pengertian, fungsi, tujuan dan manfaat manajemen logistik, apabila bapak/ibu pembaca membutuhkan info lebih lanjut mengenai artikel ini atau pembimbingan dalam pembuatan SOP logistik, perapian manajemen logitik dan lainnya silahkan hubungi kami di 081-252982900. Atau email ke groedu@gmail.com. Kami siap membantu anda.
Iklan